Korosi kapal
baja mengakibatkan turunnya kekuatan dan umur pakai kapal, sehingga
dapat mengurangi jaminan keselamatan muatan barang dan penumpang kapal.
Untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat korosi air laut maka diperlukan suatu perlindungan korosi pada plat kapal. korosi kapal dapat di tanggulangi dengan berbagai cara antara lain dengan menggunakan anoda korban kapal dan cat kapal
Kapal baja merupakan kapal dengan seluruh bangunan terbuat dari baja paduan dengan komposisi kimia sesuai standar untuk konstruksi kapal
yang dikeluarkan oleh biro klasifikasi kapal (Standards:ABS, BKI, DNV,
RINA, GL, LR, BV, , NK, KR, CCS and etc) dengan klas baja : A, B, C, D
dan E. ( Grade: A, B, D, E, AH32-AH40, DH32-DH40 ,A32 ,A36 ,D32, D36 and
etc) dengan tebal: 8 mm s/d 100 mm, lebar : 1500 mm s/d 2700 mm,
panjang : 6 m s/d 13 m.
Baja untuk konstruksi kapal
pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu baja konstruksi kapal
biasa, baja konstruksi kapal dengan tegangan tinggi, dan baja tempa.
Baja untuk konstruksi kapal mempunyai sifat mekanis yang sudah mendapat persetujuan dari BKI.
Pemakaian pelat baja untuk
bangunan kapal memiliki resiko kerusakan yang tinggi, terutama
terjadinya korosi pada pelat baja yang merupakan proses elektrokimia,
akibat lingkungan air laut yang memiliki resistivitas sangat rendah + 25
Ohm-cm,jika dibandingkan dengan air tawar + 4.000 Ohm-cm, (Caridis,
1995) dan sesuai dengan posisi pelat pada lambung kapal.
Posisi pelat baja lambung kapal terbagi dalam tiga bagian yaitu :
- Selalu tercelup air yaitu pelat lajur alas, pelat lajur bilga, dan pelat lajur sisi sampai sarat minimal.
- Keluar masuk air yaitu pelat lajur sisi kapal dari sarat air minimal sampai sarat air maksimal
- Tidak tercelup air yaitu pelat lajur sisi mulai dari sarat maksimal sampai dek utama kapal
- Korosi Merata atau uniform corrosion adalah seluruh permukaan pelat terserang korosi biasanya pada bagian pelat yang berada diatas garis air.
- Korosi Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobang yang semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembus pelat kapal.
- Korosi Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikul beban besar.
- Korosi Erosi (errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yang menerima tumbukan partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.
- Korosi Celah (crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.
Korosi kapal baja ini dapat
dikurangi seminimum mungkin sehingga nilai laju korosi kapal baja
semakin kecil, korosi tidak dapat di hentikan 100% karena kapal baja
sama halnya dengan manusia walau kita sangat jago menjaga kesehatan
ujung-ujung is dead juga. begitu juga dengan korosi kapal baja kita
hanya dapat menekan nilai laju korosi seminimum mungkin sehingga umur
kapal dapat sesuai dengan rencana awal agar dapat menekan nilai kerugian
yang di akibatkan oleh korosi kapal baja.
Sumber : http://kapal-cargo.blogspot.co.id/2011/05/korosi-kapal-baja.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar